Alasan Kenapa Setiap Bisnis Harus Punya Akun Jejaring Sosial – Layanan jejaring sosial memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas bisnis pada era teknologi internet sekarang ini.
Jejaring sosial atau social network adalah platform atau situs yang dapat memfasilitasi pembangunan hubungan sosial di antara orang-orang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Contohnya, media sosial Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, LinkedIn, dan lain-lain.
Setiap layanan jejaring sosial tersebut memiliki kekhasan dan kelebihan masing-masing yang bermanfaat bagi bisnis Anda. Seperti Youtube sangat cocok untuk berbagi konten video dan LinkedIn merupakan media terbaik untuk membangun jaringan profesional.
Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini
Namun sayangnya, belum semua pelaku usaha memanfaatkan layanan jejaring sosial. Biasanya, mereka adalah pebisnis yang menjalankan bisnis offline dan masih menerapkan sistem ekonomi lama yang tidak modern.
Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika bisnis Anda memiliki akun jejaring sosial apapun. Berikut simak ulasannya.
5 Alasan Bisnis Harus Punya Akun Jejaring Sosial
1Memperluas Jangkauan Bisnis
Jejaring sosial dapat menghubungkan Anda dengan siapa saja dari manapun. Orang yang tidak tahu tentang bisnis Anda, bisa tidak sengaja menemukan bisnis Anda saat berselancar di internet.
Baca Juga: Memahami Algoritma Instagram 2021
Hal ini membuka kesempatan bagi Anda untuk memperluas jangkauan bisnis. Tidak lagi hanya orang di sekitar tempat usaha Anda yang tahu mengenai keberadaan bisnis Anda. Tapi orang di luar daerah pun bisa tahu dan mungkin akan menjadi pelanggan Anda.
Baca Juga: 8 Tips Jitu Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet
2Mendekatkan Anda dengan Pelanggan
Akun media sosial memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelangan. Hubungan seolah tidak ada jarak, karena proses komunikasi bisa terjalin kapan saja secara instan.
Pelanggan bisa menanyakan apapun dengan cara yang simpel dan Anda juga bisa memberikan respons dengan cepat. Mereka jadi tidak perlu datang ke toko atau menghabiskan pulsa telepon untuk mencari tahu sesuatu.
Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda
3Membagikan Informasi dengan Cepat
Anda bisa dengan mudah memberitahukan informasi apapun melalui jejaring sosial. Misalnya, restoran Anda punya menu makanan yang baru. Pelanggan bisa langsung mengetahuinya dan mungkin akan tertarik untuk mencobanya dalam waktu dekat.
Namun, jika tidak ada media sosial apapun, pelanggan baru akan mengetahuinya jika mereka kembali ke restoran Anda atau kebetulan mendengar cerita dari orang lain. Proses penyebaran informasi terbilang lambat dan bisa merugikan bisnis Anda.
Baca Juga: 5 Kunci Penting Membuat Konten yang Tepat untuk Bisnis Online
4Mengamati Persaingan Bisnis
Jejaring sosial menjadi tempat orang-orang membagikan hal-hal yang bersifat pribadi, termasuk juga hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Semua informasi terbuka bagi publik.
Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengamati pergerakan kompetitor. Anda bisa tahu apa saja yang sedang dilakukan pesaing Anda, sehingga Anda bisa segera menyiapkan strategi bisnis untuk mengatasi persaingan yang terjadi.
Baca Juga: Hal-Hal Sepele yang Bisa Rugikan Bisnis Online Anda
5Meningkatkan Pengunjung Website
Terutama bagi Anda yang memiliki website toko online, jejaring sosial dapat meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan ke situs Anda. Performa SEO bisa meningkat di mesin pencarian seperti Google.
Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat
Asalkan, Anda aktif menggunakan setiap akun jejaring sosial Anda dan menyertakan link ke website bisnis Anda. Pasti pengunjung bertambah, sehingga bisa meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan penjualan online.
Baca Juga: 7 Kesalahan Online Shop dalam Menggunakan Instagram
Nah, itulah alasan kenapa bisnis Anda harus punya akun jejaring sosial. Oleh sebab itu, ayo buat media sosial untuk usaha Anda, baik itu bisnis online maupun bisnis offline.
Apapun jenis atau bidang usaha yang Anda jalankan, jejaring sosial diperlukan untuk membuat bisnis Anda bisa diketahui oleh lebih banyak orang, dan juga membuka kesempatan yang lebih lebar bagi bisnis untuk dapat berkembang di era digital saat ini.