Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara meningkatkan Traffic blog?
Blog adalah aplikasi web yang memuat berbagai format informasi seperti teks, gambar, audio, dan video di internet.
Dahulu, blog memang lebih banyak digunakan sebagai jurnal online bagi individu yang gemar menulis.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan melalui monetisasi atau sarana bagi berbagai brand bisnis untuk berbagi informasi dengan netizen.
Kalau Kamu berkecimpung di dunia bisnis, Kamu harus memanfaatkan blog secara maksimal sekaligus menguasai cara meningkatkan pengunjung blog agar blog tersebut makin populer.
Beberapa cara meningkatkan traffic blog yang bisa lakukan, yaitu:
Tips Cara Meningkatkan Traffic Blog
1. Meningkatkan traffic blog dengan nama yang mudah diingat
Cara meningkatkan traffic blog yang pertama kali harus Kamu lakukan adalah memilih nama blog yang mudah diingat.
Sebaiknya nama blog tidak mengandung banyak karakter (huruf, tanda baca, maupun angka).
Semakin simpel nama blog yang Kamu gunakan, maka nama blog tersebut makin mudah diingat dan gampang diakses netizen.
Beberapa contoh nama blog yang menarik, unik, dan simpel, misalnya:
- KoinWorks.com.
- DewaWeb.com
- Cosmopolitan.co.id
- Kompasiana.com
- KabarPenumpang.com
2. Melakukan riset keyword untuk konten
Riset keyword juga merupakan salah satu cara meningkatkan visitor blog yang wajib Kamu lakukan.
Sebenarnya, Kamu tidak perlu melakukan riset secara mendalam dengan teknik khusus. Kamu dapat melakukannya secara mudah dengan mencocokkan keyword yang populer di mesin pencarian sekaligus berhubungan dengan bisnismu.
Artikel yang memperhatikan keyword tergolong ke artikel SEO, dan artikel jenis ini biasanya ampuh untuk meningkatkan traffic blog secara organik.
Contohnya, jika Kamu memiliki bisnis hijab, maka beberapa keyword populer yang berhubungan dengan bisnis tersebut adalah model hijab wanita, model hijab syari, model hijab artis, dan model hijab pipi tembem.
Kalau Kamu membuat konten blog yang menggunakan keyword populer, niscaya jumlah pengunjung blog akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.
4. Meningkatkan traffic blog melalui konten organik
Cara meningkatkan traffic blog juga erat kaitannya dengan konten yang ada di dalamnya. Alangkah lebih baik jika Kamu selalu membuat konten organik dengan topik menarik berdasarkan keyword populer yang Kamu ketahui.
Beberapa kriteria konten organik yang menggugah netizen dan berpeluang berada di posisi atas mesin pencarian adalah sebagai berikut:
- Tulisan berkisar antara 600 hingga 2.000 kata.
- Disertai beberapa gambar atau video yang relevan agar lebih menarik.
- Bersifat informatif sehingga bisa menambah wawasan netizen. Kriteria ini membuat konten blog berupa tips, tutorial, dan informasi terbaru senantiasa diminati di internet.
- Memiliki judul yang menarik dan mengandung keyword yang populer.
- Struktur kontennya sistematis karena terdiri dari judul, heading, keyword tag, dan URL yang mengandung keyword.
- Tidak mengandung unsur copy paste dari konten lain yang beredar di internet.
5. Menyiapkan konten baru secara teratur
Kamu tak harus melakukan update blog setiap hari untuk meningkatkan jumlah visitor. Namun, Kamu tetap harus melakukannya secara teratur agar netizen yang sering berkunjung ke blogmu akan tertarik berkunjung lagi karena selalu menemukan konten baru.
Alangkah lebih baik jika Kamu update blog minimal 1-2 kali seminggu. Jika bisnismu tergolong besar dan sudah memiliki tim media sosial, maka Kamu dapat mengandalkan tim tersebut untuk menyiapkan dan mengunggah konten blog yang fresh secara rutin.
6. Mengintegrasikan blog dengan media sosial
Jangan lupa mengintegrasikan blog dengan beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter.
Kamu bisa membagikan link blog atau mencantumkannya pada bio di media sosial untuk menggugah netizen agar mengunjunginya.
Cara meningkatkan pengunjung blog yang sederhana ini sangat penting untuk meningkatkan popularitas blog, terutama jika Kamu sengaja membuatnya untuk mendukung kepentingan bisnis online.
7. Memasang Iklan Berbayar
Kalau Kamu memiliki bujet khusus untuk promosi bisnis, Kamu dapat memanfaatkannya untuk memasang iklan berbayar.
Salah satu platform yang menyediakan layanan iklan berbayar adalah Google Adwords.
Pihak pemasang iklan harus memberikan penawaran harga tertinggi agar konten blognya muncul di posisi teratas halaman mesin pencarian ketika netizen menggunakan keyword tertentu.
Meskipun biaya yang dibutuhkan cukup mahal, tetapi hasilnya sebanding dengan peningkatan popularitas blog sebab biasanya netizen tergugah mengklik hasil teratas di mesin pencarian.
8. Mengunjungi blog lain secara konsisten
Jangan berkecil hati dulu kalau blogmu masih sepi pengunjung walaupun Kamu sudah membuat konten berkualitas dan membagikannya di media sosial.
Ada satu cara lagi yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog, yaitu mengunjungi dan berkomentar di blog lain secara konsisten (dikenal dengan istilah blogwalking).
Biasanya pemilik blog yang Kamu kunjungi akan melakukan kunjungan balasan dan meninggalkan komentar sehingga traffic blogmu akan mengalami peningkatan.
Setelah membaca ulasan ini, niscaya Kamu sudah menguasai cara memperbanyak pengunjung blog.
Jangan malas mengelola blog dan melakukan inovasi, terutama jika Kamu melakukannya untuk tujuan monetisasi atau mendukung kelancaran bisnis.
Selain mempelajari perkembangan teknologi internet, jangan lupa pula menyiapkan tambahan modal untuk kebutuhan bisnis.
Saat ini, KoinWorks berkomitmen membantu para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air melalui layanan KoinBisnis.
KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan modal bisnis.
Bunga cicilan yang rendah (berkisar antara 0,75% sampai 1,67%), proses pencairan dana yang cepat, dan cara membayar cicilan yang mudah membuatmu tak perlu ragu memanfaatkan KoinBisnis.
Layanan KoinWorks yang satu ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanannya terjamin.
Dukungan KoinBisnis membuatmu lebih leluasa mengembangkan potensi bisnis semaksimal mungkin.