Salah satu proses yang kadang terluput dari pelaku bisnis yang baru saja merambah platform social media ternama adalah membaca Instagram Insight.
Padahal, proses ini menjadi sebuah poin dan review penting yang jika dilakukan dapat mendatangkan satu pencerahan baru untuk menemukan strategi selanjutnya.
Melalui Instagram Insight kita dapat mengetahui banyak hal, mulai dari karakteristik audiens hingga konten apa yang paling disukai.
Dengan begitu, kita akan bisa lebih spesifik lagi untuk membuat konten yang relevan dan kemungkinan untuk menjangkau audiens baru pun terbuka lebih lebar.
Namun, masih banyak yang asing dengan statistik dasar ini mengingat istilahnya yang kurang familiar dan harus dikenali lebih dalam lagi.
Tapi, bukan tidak mungkin kok untuk belajar sendiri dan menajdi tech savvy dalam kiprah bisnismu. Apakah sesulit itu?
Di bawah ini sudah kami rangkum cara membaca Instagram Insight yang cukup mudah dipahami. Yuk, kita simak bersama!
Switch Ke Business Account
Pertama-tama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai membaca Instagram Insight adalah dengan melakukan switch aku pribadimu ke Business Account.
Alasannya, fitur Insight pada Instagram hanya bisa diakses dengan menggunakan mode ini. Oleh karena itu, kamu perlu mengubah status akunmu terlebih dahulu.
Mulai dari melakukan pengaturan dari profilmu ke Business Account.
Caranya adalah dengan memilih opsi Profile, lalu Settings dan pilih Account.
Setelah itu pilih Switch to Professional Account dan kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya yang perlu dilengkapi untuk menjadi business account.
Mulai Dari Laporan Activity
Sudah berhasil switch ke Business Account? Sekarang saatnya kamu membaca Insight Instagram mulai dari laporan Activity.
Pada metriks ini kamu akan dihadapkan dengan Interactions dan Discovery.
Keduanya memiliki data yang berbeda, antara lain jumlah Engagement berupa actions yang dilakukan audiensmu pada tombol call, email, website, dan juga komentar dan profile visits yang diterima pada Interactions dan juga Reach atau berapa kali akunmu menjangkau akun Instagram lain dan Impression yang menunjukkan berapa kali kontenmu dilihat oleh akun lain pada Discovery.
Sehingga nantinya kamu dapat melakukan evaluasi mengenai jenis konten apa yang paling disukai dan menghasilkan lebih banyak Impression.
Baca juga: Pahami Algoritma Instagram 2021
Melihatnya Dari Konten
Selanjutnya untuk membaca Instagram Insight kamu bisa melihatnya dari menu Konten.
Di sini kamu akan disuguhkan dengan report mengenai berapa kali rata-rata postingmu selama seminggu.
Kamu juga bisa melihat perbandingan antara jumlah post minggu ini dan sebelumnya. Di dalam menu konten sendiri terbagi lagi menjadi Feed Post, Instagram Stories dan juga Promotions.
Feed post sendiri merupakan foto dan video yang kamu post. Perhitungannya meliputi keseluruhan post, foto, video dan juga carousel yang dapat dilihat data Engagement-nya.
Sedangkan Stories adalah berupa post yang hanya bisa kamu lihat dalam waktu 24 jam.
Laporannya pun dibagi menjadi 24 jam, 7 hari dan 14 hari dengan detail Insight yang lebih kompleks mengenai Stories itu sendiri.
Untuk Promotions, kamu bisa melihat report mengenai konten yang sudah kamu iklankan.
Datanya meliputi, Audience Demographics, Engagement, Impressions, Profile Visits dan Reach.
Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Insights sebagai bahan untuk evaluasi konten yang akan diiklankan supaya performanya tetap maksimal.
Lebih Detail Dengan Audience
Sudah tiba di section Audience? Tandanya kamu sudah berada di bagian penghujung dalam kegiatan membaca Instagram Insight.
Audience merupakan menu terakhir yang ada pada fitur Insight di Instagram.
Data yang diberikan berupa laporan statistik mengenai demografis audiensmu, mulai dari lokasi mereka, gender, usia, bahkan kapan waktu mereka paling aktif menggunakan Instagram.
Semua ini dilaporkan melalui report visual yang dapat kamu lihat presentasenya dengan grafik.
Dengan begitu, kamu dapat membuat konten yang lebih spesifik lagi sesuai dengan karakteristik audiensmu.
Nah, itu dia cara membaca Instagram Insight yang bisa kamu coba.
Ternyata cukup mudah, bukan? Pastikan pahami dulu ya istilah-istilah di atas supaya kamu bisa lebih mudah lagi dalam mengevaluasi konten pada akun bisnismu.
Agar bisnismu lebih maju lagi, kamu bisa mengandalkan KoinWorks sebagai solusi dari sisi finansial.
Salah satunya adalah dengan menggunakan KoinBisnis, yaitu fitur pinjaman modal usaha online dengan bunga terjangkau.
Jika kamu belum memiliki modal bisnis, pastikan untuk mencobanya karena kamu dapat meminjam dengan bunga cicilan rendah antara 0.75% – 1.67% per bulan dan limit hingga Rp2 miliar.
Semuanya pun mudah, karena dapat langsung kamu akses melalui aplikasi KoinWorks. Cukup hubungkan bank dengan toko online kamu dan nikmati kemudahan yang cepat dengan KoinBisnis!