5 Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan – Feedback atau umpan balik sangat penting untuk mengetahui apa yang pelanggan pikirkan mengenai bisnis Anda.
Bagi Anda yang menjalankan usaha berbasis online, feedback dari pelanggan akan menjadi jejak digital yang dapat mempengaruhi citra bisnis Anda. Orang-orang akan dengan mudah mencari tahu segala informasi tentang kualitas bisnis Anda melalui internet.
Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula
Namun, tidak semua pelanggan mau mengulas produk Anda di internet. Terkadang, mereka hanya menjadi pelanggan pasif dan tidak memberikan review apapun setelah menggunakan produk Anda.
Padahal, ulasan dari pelanggan itu berarti untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Seringkali review online juga bermanfaat untuk mempengaruhi calon pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian.
Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya
Lantas, bagaimanakah cara untuk mendapatkan feedback dari pelanggan? Berikut beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan.
5 Cara Dapatkan Feedback Online dari Pelanggan
1Lakukan Survei Online
Survei online adalah cara praktis untuk mengetahui pendapat pelanggan. Anda tidak perlu mencetak banyak kertas, tapi cukup dengan menyebarkan link survei dan meminta kesediaan pelanggan untuk mengisinya.
Media sosial sekarang juga sudah lebih canggih dan punya fitur polling yang bisa dimanfaatkan untuk mensurvei pendapat. Anda bisa menggunakannya untuk menanyakan beberapa hal mengenai produk dan layanan bisnis Anda.
Baca Juga: 9 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Bisnis Online
2Tampilkan Kolom Komentar di Website Anda
Aktifkan kotak kolom komentar di website toko online Anda. Kolom komentar tersebut memungkinkan pelanggan untuk memberikan saran dan kritik mengenai bisnis Anda.
Namun, pastikan Anda memfilter komentar yang masuk supaya tidak ada komentar spam. Anda bisa memilih komentar mana yang layak ditampilkan dan mana yang sebaiknya dihapus karena merupakan spam atau berisi kata-kata yang tidak benar.
Baca Juga: 7 Tips Penting Saat Menggunakan Jasa Pembuatan Website
3Kirim Email ke Pelanggan
Sediakan email khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan agar pelanggan dapat lebih leluasa dalam menyampaikan feedback, karena pelanggan jadi bisa menuliskan penjelasan panjang lebar dan melampirkan foto.
Anda bisa juga mengirimkan email setelah pelanggan melakukan pembelian untuk menanyakan kepuasan pelanggan. Atau, gunakan email tersebut untuk mengirimkan informasi terbaru seputar bisnis Anda, apabila pelanggan mau berlangganan email marketing Anda.
Baca Juga: 10 Jenis Pesan Email yang Bisa Anda Kirim ke Pelanggan
4Berinteraksi dengan Pelanggan di Medsos
Zaman sekarang pelanggan lebih sering menyampaikan feedback online melalui media sosial. Maka dari itu, aktiflah menggunakan berbagai platform medsos populer untuk berinteraksi dengan semua pelanggan.
Lewat media sosial, Anda dan pelanggan bisa saling bersahutan. Interaksi tersebut dapat dilihat oleh pihak lain, seperti calon pelanggan Anda, sehingga pastikan Anda meninggalkan respons yang baik agar citra bisnis Anda tetap terjaga.
Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan
5Berikan Reward untuk Pelanggan
Terkadang, sulit untuk mendapatkan feedback karena pelanggan malas menceritakan pengalamannya saat berbelanja dan menggunakan produk Anda. Kecuali saat mereka ingin komplain, maka mereka akan lebih aktif menyuarakan keluhannya.
Maka dari itu, cobalah adakan program reward untuk pelanggan yang mengulas produk Anda di akun media sosial dan blog mereka. Berikan hadiah kepada pelanggan dengan review terbaik, sehingga pelanggan lain akan tertarik juga untuk mengulas produk Anda.
Baca Juga: Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan
Nah, itulah beberapa cara mendapatkan feedback online dari pelanggan. Cobalah terapkan tips tersebut dalam bisnis online Anda.