Mengenal 4 Tipe Konsumen Bisnis Online – Bisnis e-commerce atau perdagangan online bertumbuh dengan pesat setiap tahunnya.
Banyak orang memilih terjun ke bisnis melalui internet tersebut. Ada yang berjualan di media sosial, ada yang membangun website toko online, hingga website e-commerce profesional yang memfasilitasi transaksi jual-beli online antar negara.
Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan
Termasuk di Indonesia, bisnis e-commerce juga mengalami kemajuan dan mempengaruhi cara orang dalam berbelanja.
Kini sudah banyak orang yang suka membeli barang online daripada pergi ke toko offline. Alasannya karena belanja online sudah semakin mudah, cepat, dan aman. Apa saja produk dan layanan jasa sudah tersedia secara online.
Namun, apakah Anda tahu seperti apa tipe-tipe konsumen online yang ada saat ini? Hal ini menarik untuk diketahui, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis di dunia maya.
Baca Juga: Merekrut Karyawan Pertama Kali, Perhatikan 5 Hal Ini
Dengan mengenal perilaku konsumen saat berbelanja online, Anda bisa memahami bagaimana cara menjangkau mereka agar bisa menjadi pelanggan setia Anda.
Nah, berikut ada 4 tipe konsumen bisnis online menurut hasil riset Google di Indonesia.
Inilah 4 Tipe Konsumen Bisnis Online di Indonesia
1Innovator
Konsumen online dengan tipe innovator adalah jenis konsumen yang berasal dari kalangan berduit. Mereka memiliki penghasilan yang besar dan memiliki sejumlah perangkat teknologi.
Meski demikian, mereka ternyata juga banyak yang suka membeli produk berharga murah, tapi dengan tetap memperhatikan kualitasnya.
Baca Juga: 4 Cara Agar Konsumen Mau Membuka Email Marketing Anda
Selain itu, mereka cenderung lebih suka menggunakan aplikasi belanja online. Sebagian besar konsumen tipe inovator ini sangat senang menerima notifikasi dari toko online dan mengecek informasi terbaru.
Lalu ketika mereka berbelanja, mereka lebih memilih untuk melakukan transaksi melalui internet banking.
2Earlyadopters
Konsumen online dengan tipe earlyadopters adalah jenis konsumen yang memiliki penghasilan lebih rendah, tapi juga memiliki beberapa perangkat untuk berbelanja.
Mereka suka membeli produk dengan harga yang rendah dan senang dengan diskon atau potongan harga.
Baca Juga: 5 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Anda
Ketika mereka ingin berbelanja online, mereka lebih suka mencari melalui mesin telusur seperti Google dan tidak langsung pada website atau aplikasi tertentu.
Lalu ketika mereka akan melakukan transaksi, mereka biasanya membayar melalui transfer ATM atau internet banking.
3Gap-tech
Konsumen online dengan tipe gap-tech adalah jenis konsumen yang memiliki pendapatan tinggi namun lebih suka berbelanja pada satu perangkat saja.
Mereka lebih suka mendapatkan informasi produk dari toko online itu sendiri daripada dari iklan atau notifikasi mana pun.
Baca Juga: 8 Tips Agar Konsumen Yakin Berbelanja Online
Selain itu, mereka lebih suka dengan barang yang ada diskonnya dan melihat langsung barangnya agar bisa merasakannya.
Sementara ketika mereka berbelanja online, mereka agak tertinggal dalam hal cara pembayaran, karena lebih memilih transfer via ATM.
4Latebloomers
Konsumen online dengan tipe latebloomers adalah jenis konsumen yang baru dalam dunia e-commerce. Mereka memiliki pendapatan yang rendah dan hanya memiliki satu perangkat saja untuk berbelanja.
Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online
Ketika ingin membeli barang online, biasanya melalui mobile sites atau aplikasi e-commerce yang ada.
Lalu mereka juga lebih mementingkan barang dengan harga rendah daripada memperhatikan kualitasnya.
Selain itu, mereka lebih suka untuk melakukan metode pembayaran secara COD atau Cash On Delivery.