5 Risiko Bisnis Online yang Harus Diwaspadai dan Dihindari – Membuka online shop atau olshop memang terbilang praktis.

Anda tidak perlu membuat website toko online sendiri, tapi Anda bisa berjualan online menggunakan media sosial atau bergabung di situs marketplace yang ada saat ini.

Baca Juga: Waspada! 4 Jebakan dalam Berbisnis yang Bisa Membuat Anda Gagal

Makanya, banyak orang mencari peruntungan dengan berbisnis online. Selain kelihatannya mudah untuk dijalankan, keuntungannya menjadi pebisnis online juga menggiurkan.

Namun, tentu saja tidak ada bisnis yang tanpa risiko. Berikut beberapa risiko menjalankan bisnis online yang harus Anda waspadai dan hindari agar tidak membuat Anda rugi.

Baca Juga: 7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis


5 Risiko Bisnis Online yang Dihadapi Penjual

1Barang Tidak Sesuai Ekspektasi Pembeli

kriteria barang yang paling cocok dijual online
gambar: problab.com

Pembeli tidak dapat melihat dan menyentuh barangnya langsung. Mereka hanya memperhatikan foto produk yang Anda unggah dan meminta penjelasan dari Anda mengenai kondisi maupun kualitas produk.

Walaupun Anda sudah menjelaskannya sesuai kenyataan, belum tentu nantinya pembeli akan puas saat barang diterima. Terkadang, ekspekstasi pembeli juga berlebihan. Akhirnya, mereka kecewa karena bentuk aslinya tidak sesuai gambarannya.

Baca Juga: 4 Kriteria Barang yang Paling Cocok Dijual Online

2Salah Alamat Pengiriman

paket - packaging - inventori - pengiriman barang

Kiriman yang salah alamat akan membuat barang terlambat sampai ke tangan konsumen. Anda akan jadi repot karena harus berkali-kali menghubungi atau mendatangi vendor jasa pengiriman untuk mengurusnya.

Belum lagi konsumen juga pasti marah, karena barang pesanan tidak sampai sesuai perjanjian. Masalah yang terkesan sepele, tapi kerap terjadi jika Anda sebagai penjual kurang teliti.

Maka dari itu, konfirmasi alamat pembeli sebelum Anda mengirimkan barangnya. Pastikan Anda menulis dengan jelas nama, alamat rumahnya, dan juga nomor telepon penerima.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda

3Barang Rusak Saat Pengiriman

barang tidak mudah pecah
gambar: citipostmail.co.uk

Walaupun Anda sudah memberikan yang terbaik, nasib buruk terkadang tak dapat disangka. Seperti barang yang rusak dalam perjalanan karena kesalahan pihak jasa pengiriman ataupun kesalahan Anda dalam melakukan packaging.

Padahal, barang yang Anda kirim masih baru dan bagus, serta tidak cacat sama sekali. Namun, jika tidak hati-hati, maka terkadang barang bisa rusak saat pengiriman.

Akibatnya, Anda harus repot untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan ekspedisi, atau Anda sendiri yang merugi karena harus mengirim ulang pesanan pembeli dengan yang baru.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

4Ditipu Pembeli

Dalam bisnis online, tidak hanya ada pebisnis abal-abal, tapi juga ada pembeli abal-abal yang suka menipu. Inilah risiko bisnis online yang masih mengintai penjual dan cukup mengkhawatirkan.

Baca Juga: Cara Krim Paket Ke Luar Negeri

Contohnya, pembeli yang membuat struk palsu dan mengaku sudah mentransfer, pembeli yang membayar tidak sesuai dengan nominal, dan lain-lain.

Maka dari itu, jangan mudah percaya dengan pembeli untuk mencegah tindakan penipuan. Cek dan ricek setiap transaksi, serta simpan bukti komunikasi antara Anda dengan pembeli.

Baca Juga: Bisnis Anda Dapat Ulasan Negatif di Internet? Ini Tips Mengatasinya

5Pembeli yang Tidak Jelas

langkah mengatasi keluhan konsumen atau pelanggan
gambar: affirmx.com

Berinteraksi secara online sangat gampang. Jangan heran jika banyak orang yang cuma bertanya-tanya mengenai produk Anda, tapi tidak pernah membelinya, ataupun mereka yang banyak maunya, tapi ternyata tidak jadi membeli.

     Baca juga : Cara Membuat Akun Paypal Dengan Mudah Dan Cepat

Walaupun begitu, Anda tetap harus menyikapi secara positif sikap konsumen yang tidak jelas. Mungkin saja memang sebenarnya mereka mau membeli, tapi uangnya belum cukup, sehingga baru sebatas bertanya.

Maka dari itu, Anda hanya perlu bersabar dalam melayani setiap pertanyaan calon pembeli Anda yang mungkin rewel dan belum pasti membeli. Tunjukkan kesan yang baik agar suatu hari mereka mau menjadi pelanggan bisnis Anda.

Baca Juga: Ingin Membuat Online Shop? Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini Dulu


Nah, itulah beberapa risiko bisnis online yang harus Anda waspadai dan hindari sebagai penjual. Apapun risikonya, jangan terlalu dikhawatirkan. Sebab keuntungan dari berbisnis online jauh lebih menarik.

Jadi, jalankan bisnis online Anda dengan baik dan penuh tanggung jawab. Niscaya, konsumen pasti akan berdatangan dan penjualan akan terus terjadi.

2 KOMENTAR

  1. Saya menyukai tampilan web anda dengan materi yang dibahas di dalamnya.saya akan berkunjung beberapa waktu lagi untuk melihat informasi baru dari anda.
    =======================

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here