Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile – Konsumen Indonesia semakin sering berbelanja online seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Tanah Air.
Menurut riset We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 132,7 juta orang pada tahun 2017. Jumlah ini tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya.
Menariknya, sebagian besar masyarakat di Indonesia lebih banyak mengakses internet via perangkat mobile. Sebanyak 69 persen lebih suka mengakses internet menggunakan ponsel pintar atau smartphone daripada lewat komputer atau laptop.
Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan
Sebagai pebisnis online, Anda tentu harus pandai memanfaatkan kesempatan besar tersebut untuk berjualan via mobile.
Maksudnya, Anda harus bisa mengoptimalkan bisnis online Anda dengan penjualan via mobile seperti smartphone.
Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Bisnis Online Anda
Lantas, bagaimana caranya? Nah, berikut silakan simak tips meningkatkan penjualan online via mobile.
5 Tips Meningkatkan Penjualan via Mobile
1Akses Halaman Web yang Cepat
Bagi Anda yang fokus dalam berjualan lewat website toko online, pastikan jika situs Anda punya kecepatan akses halaman yang baik ketika dikunjungi dengan koneksi internet mobile. Sebab jika loadingnya lambat, pengunjung tidak betah dan malas mengakses situs Anda.
Baca Juga: Cara Membuat Toko Online dengan Shopify
2Website yang Mobile Friendly
Banyak orang tidak bisa lepas dari ponselnya. Mereka bisa mengakses banyak hal melalui ponsel. Ketika berbelanja online, mereka akan mengunjungi sejumlah website e-commerce dan membandingkan harga serta kualitas.
Untuk itu, pengalaman pengguna sangat penting. Pastikan tampilan website toko online Anda ramah bagi pengguna mobile, sehingga nyaman dan cepat ketika diakses.
Baca juga: Melihat Tantangan Dan Solusi Transformasi Digital Bisnis Lokal Indonesia
3Manfaatkan Media Sosial
Sebagian besar pengguna internet aktif bermain media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Manfaatkan ini untuk mempercepat proses sign up atau login pada website toko online Anda dengan mengunakan akun media sosial.
Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online
Selain itu, manfaatkan juga media sosial untuk memperkenalkan bisnis Anda dan menjaring pembeli. Caranya, dengan rajin memposting produk yang ada di website toko online Anda pada media sosial.
4Buat Aplikasi Mobile
Selain itu, pertimbangkan untuk membuat aplikasi mobile untuk bisnis online Anda. Dengan adanya aplikasi mobile, pengguna akan lebih mudah saat mengakses toko online Anda, dan bisnis Anda jadi terlihat lebih profesional dan modern.
Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online
5Layanan yang Responsif
Salah satu faktor kepuasan pelanggan ialah layanan pelanggan yang responsif dan baik. Guna memudahkan proses komunikasi, buka layanan konsumen melalui berbagai media, entah itu melalui SMS, aplikasi chat, email, dan sebagainya. Sehingga konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah dan cepat.
Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online