Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda – Salah satu tugas Anda sebagai seorang pemimpin adalah membangun kepercayaan diri karyawan. Rasa percaya diri itu penting agar karyawan dapat meningkatkan kinerjanya.
Ketidakpercayaan diri biasanya muncul pada karyawan yang merasa kurang berpengalaman, karyawan yang baru bekerja, dan karyawan yang minder dengan kemampuan rekan kerjanya.
Baca Juga: 10 Cara Agar Percaya Diri Saat Presentasi di Depan Banyak Orang
Guna mendorong performa karyawan, Anda harus menumbuhkan rasa percaya diri pada karyawan. Anda harus dapat mengeluarkan potensi yang dimiliki karyawan di kantor dan mendukungnya untuk berkembang.
Jika karyawan sudah percaya diri, barulah Anda bisa memberdayakannya dengan baik. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut ini agar karyawan Anda bisa semakin percaya diri dalam bekerja.
Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Orang Jenius Ini Agar Anda Lebih Sukses
10 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan
1Bangun Kedekatan dengan Karyawan
Anda perlu mengenal karyawan Anda untuk mengetahui penyebab dirinya merasa minder. Bangun kedekatan yang masih dalam batas profesionalisme. Jika karyawan mulai merasa dekat dan nyaman, dia akan mulai terbuka karena merasa dihargai secara personal. Hal ini bisa memunculkan kepercayaan dirinya yang selama ini terbenam.
2Berikan Tugas Sesuai Kompetensi
Rasa tidak percaya diri bisa terjadi karena karyawan melakukan tugas yang tidak sesuai kompetensinya. Jika karyawan masih belum berpengalaman, Anda jangan memaksanya untuk mengerjakan tugas tersebut. Bangun dulu kepercayaan dirinya, baru Anda bisa memberikan tugas lain yang lebih rumit.
3Tugas Harus Detail dan Lengkap
Berikan tugas yang detail dan lengkap agar karyawan tidak kebingungan saat mengerjakannya. Terkadang, karyawan menjadi ragu-ragu karena tidak memahami tugasnya. Jangan cuma memerintah tanpa arahan yang jelas. Namun, Anda perlu memberikan penugasan yang berurutan dengan target yang jelas.
4Ajarkan Karyawan untuk Belajar dari Kesalahan
Ada karyawan yang tidak percaya diri karena takut membuat kesalahan dan mengalami kegagalan. Anda perlu mengingatkannya bahwa kesalahan bukan akhir segalanya. Ajarkan dia untuk berani menghadapi risiko dan belajar dari kesalahan. Pengalaman adalah guru terbaik untuk memperbaiki diri.
5Berikan Pelatihan atau Training
Berikan karyawan Anda berbagai pelatihan secara bertahap. Anda banyak training untuk melatih soft skill maupun hard skill. Dengan mengikuti sejumlah pelatihan yang sesuai dengan pekerjaannya, karyawan dapat mengembangkan kemampuan dalam bekerja dan menumbuhkan kepercayaan dirinya.
Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja
6Siapkan Mentor yang Bisa Membimbingnya
Selain diberikan pelatihan, siapkan juga seorang mentor untuk membimbing karyawan. Sebagai pimpinan, Anda tentu tidak hanya mengurus satu orang karyawan saja, sehingga Anda membutuhkan mentor yang nantinya akan mendampingi dan mengajarkan karyawan tersebut dalam bekerja.
7Fokus pada Potensi Karyawan
Rasa tidak percaya diri adalah suatu kekurangan. Namun, cara yang jitu untuk meningkatkan kepercayaan diri karyawan ialah dengan fokus mengembangkan potensinya. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus mengetahui potensi karyawan agar dapat memberdayakan potensinya dengan tepat.
Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Sebuah Perusahaan
8Terus Memberikan Kepercayaan Baru
Tentu saja, Anda tidak boleh selalu memberikan tugas yang biasa-biasa saja. Saat rasa percaya dirinya mulai muncul, Anda bisa memberikan tugas yang lain. Terus berikan berbagai kepercayaan baru yang dapat meningkatkan potensinya. Semakin banyak hal yang bisa dikerjakannya, rasa percaya diri otomatis akan ikut meningkat.
9Lakukan Evaluasi Secara Berkala
Berikan feedback secara jujur secara berkala. Tanpa evaluasi, tidak akan ada perbaikan yang berarti. Amati perkembangan karyawan dan beritahukan apa yang sudah dilakukannya selama ini. Jelaskan pencapaiannya dan ingatkan hal-hal yang masih harus diperbaiki.
Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Karyawan Agar Mau Disiplin dalam Bekerja
10Berikan Pujian atas Hasil yang Dicapai
Anda perlu mengapresiasi pencapaian karyawan. Sekecil apapun perkembangan positif yang ditunjukkannya, Anda harus menghargai itu. Berikan pujian yang tulus atas hasil yang sudah dicapainya, karena hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri karyawan dan membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja.